Search for:
  • Home/
  • Tomohon/
  • JICA Berkunjung Esok, Tindaklanjut Kerjasama Minamiboso-Jepang dengan Tomohon

JICA Berkunjung Esok, Tindaklanjut Kerjasama Minamiboso-Jepang dengan Tomohon

img_20160927_103822
Menindaklanjuti kerjasama kemitraan bersama pemerintah Jepang khususnya Pemerintah Kota Minamiboso, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, dilaksanakan rapat persiapan menerima kunjungan para rombongan yang akan berkunjung ke Kota Tomohon. Rapat tersebut dipimpin Asisten II Ronni Lumowa SSos MSi, Kepala BAPPEDA Ir Enos Pontororing MSi dan Kepala Distanakan, Ir Ervinz Liuw.

TOMOHON, WS — Menindaklanjuti kerjasama kemitraan bersama pemerintah Jepang khususnya Pemerintah Kota Minamiboso, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan (Distanakan), Ir Ervinz Liuw mengadakan rapat pemantapan persiapan kedatangan rombongan yang dilaksanakan di kantor Bappeda Kota Tomohon  (27/9/2016).

“Jadwal survei dimana rombongan JICA (Japan International Cooperation Agency) akan tiba pada hari Rabu (28/9/2016). Setibanya di Kota Tomohon, rombongan langsung menuju ke Pasar Bunga dan Pasar Beriman Tomohon untuk meninjau lebih jauh. Selanjutnya akan mengadakan audiensi secara terhormat dengan Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman SE Ak,” kata Liuw.

Untuk rencana diskusi dalam mewujudkan JICA Partnership Program (JPP) dengan Staf Kantor Wali Kota, Bappeda, Distanakan, Dinas Pariwisata, Dinas PU dan Dinas Koperasi dilaksanakan sore hari.

“Selesai beberapa agenda rombongan akan bertolak menuju Mountain View Resort dan SPA untuk istirahat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk jadwal pada hari Kamis, (29/9/2016) nanti, ada pemaparan di Perusahaan Daerah Pasar, dilanjutkan pemaparan di Dinas Pertanian,di Show Window, kemudian pemaparan di Dinas Pariwisata, dilanjutkan dengan pemaparan dari wakil divisi perhotelan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Nanti, keesokan harinya, yakni Jumat (30/9/2016), akan melihat dan melakukan dialog bersama di koperasi petani sayur mayur, sayur organik dll. Rombongan juga akan meninjau Agro-Wisata dan mendengarkan Pemaparan dari Petani Anggrek Tanah. Melihat dan melakukan serta mendengarkan pemaparan dari petani bunga,  pengolahan, kios tempat jual dan lain-lain. Selanjutnya akan meninjau publik processing Aren yang dekat dari Danau Linow (mengecek potensi sumber daya pariwisata industri). Meninjau Kawangkoan (kota Kacang Sangrai, mata air panas, telur dan Jagung rebus di air panas alami dan yang lainnya,” jelas Liuw.

Selanjutnya pada Hari Sabtu (1/10/2016) rombongan akan melakukan trekking di Gunung Mahawu. “Hingga kembali ke Jepang pada hari Selasa, (4/10/2016) nanti, para rombongan akan berkunjung berbagai lokasi wisata yang ada di Sulawesi Utara,” tukasnya. (erl)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required