Liow: Peserta Didik dan Mahasiswa Harus Mampu Pahami dan Implementasikan Nilai-nilai Pancasila

Liow: Peserta Didik dan Mahasiswa Harus Mampu Pahami dan Implementasikan Nilai-nilai Pancasila
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Ir Stefanus BAN Liow MAP
TOMOHON (wartasulut.co.id) — Peserta didik dan mahasiswa harus memperoleh kemampuan dalam memahami dan mengimplimentasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan pribadi, ditengah sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut diungkapkan, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Ir Stefanus BAN Liow MAP.

Untuk itu, Liow berharap Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila bagi siswa mulai dari jenjang PAUD, TK, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah sampai Pendidikan Tinggi memperoleh pemahaman komprehensif dalam mengimplimentasi nilai-nilai luhur Pancasila serta menyenangkan dengan metode dan materi pembelajaran sesuai kebutuhan zaman.

“Setiap menggelar Sosialisasi dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) tentang Empat Pilar, MPR RI menerima desakan dan usulan agar Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila ‘dihidupkan’ atau diajarkan kembali disemua jenjang pendidikan,” kata Liow.

Dia juga mengungkapkan, bahwa setiap aspirasi dari masyarakat selalu ditindaklanjutinya dalam rapat pleno, Kelompok DPS RI di MPR RI, Badan Sosialisasi MPR RI serta dengan kementerian/lembaga terkait lainnya.

“Kurikulum Merdeka Belajar, sebagaimana amat Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standard Nasional Pendidikan, mengakomodir Pendidikan Pancasila sebagai muatan wajib dalam setiap jenjang pendidikan. Mata pelajaran Pendidikan Pancasila masuk kedalam Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan mulai diajarkan Tahun Ajaran 2022-2023 berjalan ini,” tukasnya. (erl)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan