Search for:

Eman Hadiri International Traning Program

TOMOHON (wartasulut)—Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA menghadiri kegiatan International Traning Program, yang dilaksanakan di Hotel Villa Emitta Tomohon, Selasa (17/9/2019).

Kegiatan ini mengambil tema “The Strengthening of Child Health Handbook Implementation in Collaboration with Professional Organization

Dalam laporan Panitia Penyelenggara International Training Program dr Ni Made Niah MKMmengatakan, International training program on MCH Handbook diselenggarakan setiap tahun, sejak tahun 2008, hingga tahun ini telah 11 kali menjadi tuan rumah dengan peserta dari 15 negara.

“ITP diselenggarakan atas dukungan JICA kepada Pemerintah Indonesia, yang ditunjuk menjadi tuan rumah karena telah berhasil mengintegrasikan Buku KIA ke dalam program nasional,” kata Niah.

Wali Kota Tomohon dalam sambutannya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang telah menerapkan Kota Tomohon sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini sekaligus tempat lokasi kunjungan lapangan bagi peserta untuk melihat dan belajar bagaimana implementasi penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di fasilitas kesehatan yaitu di puskesmas dan rumah sakit serta di posyandu.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu para Peserta mendapatkan pembelajaran tentang penerapan Buku KIA di Indonesia, penerapan di tingkat masyarakat, fasilitas kesehatan dasar dan rujukan. Peserta mendapatkan pembelajaran menjalin kolaborasi dengan organisasi profesi atau stakeholder terkait Buku KIA.

“Harapan kami kiranya dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan dan metode pembelajaran bersama sebagaimana untuk memperkuat pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui pemanfaatan buku KIA,” ujar Eman.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang M Sc Perwakilan Kementerian Kesehatan RI dr Ni Made Diah MKM, Perwakilan Kementerian Sekretariat Negara RI Egi Dilianda, Perwakilan JICA Headquarter Japan Ms Keiko Osaki, JICA MHC Project Indonesia Ms Aya Hasegawa, Perwakilan negara Afghanistan, Kamboja, Laos dan Tajikistan, Perwakilan Provinsi Banten, Jawa Tengah dan Sulawesi Utara. (sml)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required