Search for:
  • Home/
  • Tomohon/
  • Tomohon Berpeluang Masuk Kategori  Kota Layak Anak

Tomohon Berpeluang Masuk Kategori  Kota Layak Anak

TOMOHON (wartasulut) – Ketua Tim Verifikasi Kota Layak Anak Taufieq Uwaidha mengatakan Kota Layak Anak adalah kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

“Dari data yang disampaikan wali kota, Tomohon sangat berpeluang walaupun belum sempat dimasukkan dalam data yang dikirim ke kementerian,” katanya.

Data yang disampaikan wali kota lanjut Taufieg, akan mereka pegang  dan akan dijadikan penguat nanti untuk penilaian terrhadap Kota Tomohon.

”Penetapan Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan tentunya memiliki kelompok indikator penilaian yang meliputi penguatan kelembagaannya, pengasuhan anak, kesehatan dan kesejahteraan anak, pendidikan serta perlindungan khusus,” jelas Taufieg  didampingi Robby Prawira dan Agus Suksestioso.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak  didampingi Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan saat menerima Tim Verifikasi Kota Layak Anak mengatakan, selaku Pemerintah Kota Tomohon tentunya terus berusaha dan berupaya untuk membuat Kota Tomohon sebagai Kota Layak Anak.

”Sampai saat ini kami pun banyak melakukan program yang berkaitan dengan pembentukan karakter anak, serta melakukan berbagai program yang intinya mensejahterakan anak, disamping itu melindungi hak-hak anak contohnya dalam Lapas anak,

Pemerintah Kota Tomohon melalui dinas terkait melakukan program belajar sehingga para anak-anak di Lapas selain memperoleh binaan dalam Lapas mereka juga memperoleh hak untuk memperoleh pendidikan yang Layak,” jelaa Eman.

Pihaknya tambah wali kota,  akan berupaya mempersiapkan data kegiatan yang berkaitan  dengan kesejahteraan anak sehingga dapat mendukung penilaian untuk Kota Tomohon dalam memperoleh penghargaan Kota Layak Anak.

Untuk memperolehnya, tentunya harus ada dukungan dari  jajaran Pemkot bersama seluruh masyarakat Kota Tomohon.

Sementara Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan  Anak Kota Tomohon dr Olga Karinda MKes mengungkapkan pihaknya akan mendampingi Tim Verifikasi Kota Layak Anak  bersama instansi terkait lainnya untuk meninjau langsung tempat-tempat yang menjadi bahan acuan dalam melengkapi data penilaian yang ada seperti sekolah-sekolah, Puskesmas, Lapas dan tempat lainnya.

Hadir mendampingi Walikota dan Wawali Tomohon Sekretaris Kota Ir Harold  V Lolowang MSc MTh, Asisten Perekonomian Ronni Lumowa SSos MSi, Kadis Dikbud Dr Juliana Dolvien Karwur MSi MKes, Kaban Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Ir Ervinz Liuw, Kadis Pemuda dan Olahraga Theodorus Paat SIP, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Ir Corry Caroles, Kadis Sosial dr John Lumopa, Direktur PDAM Marthen Gosal. (erl)

 

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required